Sabtu, 28 Juli 2012

HMI dan Perubahan Sosial

Pada dasarnya masyarakat pasti akan mengalami perubahan. Perubahan tersebut dapat diketahui dengan cara membandingkan keadaan masyarakat pada masa sebelumnya dengan keadaan masyarakat pada masa sekarang. Perubahan yang terjadi pada masyarakat adalah proses terus-menerus, karena masyarakat bersifat dinamis.

Berbicara tentang perubahan, tentu ada yang melandasi mengapa harus ada perubahan. Yang menjadi landasan pertama adalah kondisi masyarakat saat ini sangat jauh dari ideal. Moral masyarakat masih cukup jauh dari Islam. Sebagai contohnya, banyak terjadi korupsi dan pergaulan bebas. Yang kedua yaitu, perubahan adalah suatu keniscayaan atau sunnatullah. Artinya, suka atau tidak, kita akan menemui perubahan. Yang ketiga, melakukan perubahan adalah perintah di dalam ajaran Islam. Rasulullah bersabda bahwa orang yang hari ini lebih baik dari kemarin adalah orang yang beruntung, orang yang hari ini sama dengan kemarin berarti rugi dan orang yang lebih buruk dari kemarin adalah celaka. Hal ini menunjukkan bahwa manusia harus melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dari masa lalu agar tidak menjadi orang yang merugi lagi celaka. 

Dalam perubahan sosial, kita akan menemukan faktor-faktor yang yang menimbulkan perubahan sosial; agen-agen perubahan sosial (agents of social change); berapa lama perubahan sosial itu terjadi (durasi sebuah perubahan sosial); juga dampak dari perubahan sosial itu. 

Perubahan sosial ini dapat terjadi dalam hampir semua bidang kehidupan. Perubahan-perubahansosial itu disebabkan berbagai faktor, baik yang ada dalam kehidupan internal bangsa maupun karena sebab-sebab eksternal. Dalam prakteknya, perubahan sosial dapat terjadi sangat lambat maupun sangat cepat. Hal ini tergantung pada faktor-faktor yang menunjang perubahan sosial dalam masyarakat tersebut, yaitu faktor pendukung maupun faktor penghambatnya. 

Perubahan sosial ada yang terjadi secara terus-menerus tetapi perlahan-lahan tanpa kita rencanakan disebut unplanned social change (perubahan sosial yang tak terencana). Umumnya, perubahan sosial yang demikian disebabkan oleh perubahan dalam bidang teknologi atau globalisasi. Ada juga perubahan sosial yang kita rencanakan, kita desain, dan kita tetapkan tujuan dan strateginya. Inilah perubahan sosial yang kita sebut planned social change (perubahan social yang terencana atau rekayasa sosial). Namun, apapun itu terencana atau tidak. Perubahan akan selalu terjadi dari waktu ke waktu walau sekecil apapun. 

Ada banyak teori mengenai sebab musabab terjadinya perubahan sosial. Ada yang berpendapat bahwa masyarakat berubah karena ideas: pandangan hidup, pandangan dunia, dan nilai-nilai. Menurut para penganut pendapat ini, penyebab utama perubahan adalah ideas. Max Weber adalah salah satu penganut pendapat serupa. Ia banyak menekankan betapa berpengaruhnya ide terhadap suatu masyarakat. Juga dikatakan bahwa tesis utama dari Weberianisme adalah pengakuan terhadap peranan besar ideologi sebagai variabel independen bagi perkembangan masyarakat. 

Sudah tentu, strategi perubahan sosial sangat bergantung pada apa yang kita anggap sebagai sebab-, musabab terjadinya perubahan. Para nabi, umpamanya pertama-tama datang dengan mengubah pandangan dunia individu atau masyarakat. Ketika Al-Qur’an datang, ia mengubah dan memperkaya makna idiom-idiom yang sebelumnya sudah ada. Sebagai contoh, kata taqwa adalah sebuah idiom yang sudah ada pada masyarakat Arab pra-Islam. Tetapi, sebelum Islam tiba, maka taqwa tidak lebih dari takut. Setelah datang Al-Qur’an, idiom taqwa ini diberi makna yang lebih kaya. Itu artinya Al-Qur’an melakukan perubahan sosial lewat ideas. Al-Qur’an memang menaruh perhatian yang besar pada perubahan atau pembaruan ideas. Malah, Allah memperingatkan jangan sampai orang-orang kafir menyebabkan berubahnya pandangan atau ideas umat Islam. Kedua, perubahan sosial terjadi karena munculnya seorang tokoh atau pahlawan yang dapat menarik simpati para pengikutnya yang setia. Kemudian, bersama-sama dengan para simpatisan itu, sang pahlawan melancarkan gerakan untuk mengubah masyarakat. Ketiga, perubahan sosial bisa terjadi karena munculnya social movement (gerakan sosial). Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), walaupun kecil, termasuk gerakan sosial. 

Kemudian, akan muncul pertanyaan siapakah yang akan menjadi penggerak perubahan sosial ini. Mengingat bahwa mahasiswa merupakan agent of social change atau agen perubahan. Berarti mahasiswa memiliki potensi yang besar sebagai pelaku perubahan. Mahasiswa adalah pemuda yang memiliki kemampuan intelektual, kemampuan logis dalam berfikir serta memiliki karakter idealis dan energik. Dan mahasiswa sebagai pemuda harus berperan sebagai generasi penerus untuk meneruskan nilai-nilai yang ada pada suatu kaum.Kemudian sebagai generasi pengganti untuk menggantikan kaum yang memang sudah rusak dengan karakter mencintai dan dicintai Allah, lemah lembut kepada kaum mukmin, tegas kepada kaum kafir, dan tidak takut celaan orang yang mencela. Dan sebagai generasi pembaharu untuk memperbaiki dan memperbaharui kerusakan yang ada pada suatu kaum. 

Dan mengapa harus saya, kita, mahasiswa yang melakukan perubahan? Karena kita adalah orang-orang terpilih. Allah berfirman dalam surat Ar Ra’d : 11, 

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.”
Seharusnya tidak kemudian lepas tangan, yang artinya membiarkan perubahan berjalan ke arah yang tidak kita kehendaki. Dalam sebuah hadits yang di riwayatkan oleh Al Hakim, Rasulullah mengingatkan kita untuk mempergunakan lima kesempatan yang diantaranya adalah mas muda sebelum datangnya tua. Kesadaran bahwa kita harus menjadi agen perubahan merupakan langkah awal yang kemudian harus dibarengi dengan pemahaman bagaimana cara melakukan perubahan atau ke arah mana perubahan itu kita arahkan. Di dalam surat Ali Imran : 104 Allah berfirman,

“Dan hendaklah diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah kepada yang mungkar; merekalah orang-orang yang beruntung.”
Ini berarti bahwa perubahan itu harus dilakukan ke arah kebaikan.

HMI memiliki para kader yang tentunya adalah mahasiswa yang bernafaskan Islam yang kualitas kader-kader tersebut dirumuskan dalam tafsir tujuan HMI. Oleh karena itu, perkaderan diarahkan kepada perwujudan kualitas insan cita yakni dalam pribadi yang beriman dan berilmu pengetahuan serta mampu melaksanakan kerja-kerja kemanusiaan sebagai amal saleh. Dengan pembentukan kualitas yang dimaksud, maka kader HMI harus mampu berkiprah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan berjuang bersama-sama dalam mewujudkan cita-cita masyarakat adil dan makmur yang diridhai Allah SWT.


HMI dan Masyarakat


Jadi, seyogyanya HMI hadir melakukan perubahan dan pembaharuan di tengah masyarakat sebagaimana yang termaktub dalam tujuan HMI. Masa depan HMI ada di tulang punggung kader, dan sebuah perubahan tidak akan pernah bisa ditolak. Maka, kader-kader HMI sejatinya sudah dibekali dengan semangat dan visi insan pencipta dan pengabdi. Jadi wajib hukumnya bagi kader HMI untuk ikut serta menentukan nasib bangsa ini. 

Kader HMI harus mampu membawa dan menjadi penggerak perubahan ke arah kebaikan. Arah kebaikan yang dimaksud adalah Islam dan tauhid. Sehingga sebagai tujuan jangka panjang adalah terbentuknya masyarakat dan pemerintahan yang islami yang lingkupnya tidak hanya Indonesia namun dunia. 

Namun, kader HMI ini harus mengetahui bahwa tidak mungkin melakukan perubahan sosial tanpa upaya pelurusan kesalahan berpikir. Mustahil ada perubahan ke arah yang benar kalau kesalahan berpikir masih menjebak benak kita. Dan acapkali terjadi kesalahan-kesalahan berpikir saat kita merencanakan perubahan sosial. Dalam membahas masalah sosial, perlu juga kita membicarakan berbagai kesalahan pemikiran dalam memperlakukan masalah sosial. Oleh para ilmuwan, kesalahan seperti ini biasa disebut dengan intellectual cul-de-sac; suatu istilah dalam bahasa Perancis untuk menunjukkan kebuntuan pemikiran, yang terjadi akibat penggunaan logika yang tidak benar. Dan mitos yaitu sesuatu yang tidak benar tetapi dipercayai oleh banyak orang termasuk oleh para ilmuwan. Dua bentuk kesalahan acapkali menghampiri kita dan membuat pemahaman kita terhadap masalah sosial yang dikritisi menjadi tidak tepat dan pada akhirnya tidak bisa menemukan solusi tepat. Jadi, untuk mewujudkan perubahan sosial terlebih dahulu harus diawali dengan perubahan cara berpikir kader HMI tersebut. 

Untuk dapat melakukan perubahan ada 3 pendekatan, yakni yang pertama dengan mengubah individu sehingga kemudian akan mempengaruhi tatanan sosial, kelompok atau organisasi. Perubahan yang langgeng adalah yang berasal dari pemahaman individu. Yang kedua, dengan mengubah kelompok sehingga perubahan suasana dalam kelompok akan mempengaruhi individu. Dan yang ketiga, menekankan pada perubahan struktur sosial yang kemudian akan menyebar ke seluruh bagian masyarakat. 

Tetapi, orang atau masyarakat bisa saja menolak perubahan apabila perubahan itu diduga/dipersepsi mengancam basic security, perubahan itu tidak dipahami dengan baik dan meliputi berbagai ketidakpastian. 

Namun, dalam melakukan perubahan sosial ini kader HMI perlu ingat akan dua kata kunci. Yaitu pembinaan (perkaderan), melalui perkaderan ini akan memberikan pemahamandan motivasi yang langgeng dalam membawa perubahan sosial. Dan kerja keras dengan beramal, karena kerja keras tanpa beramal dan berusaha akan sia-sia. 

Dunia ini hanya tiga hari, hari yang telah lampau tidak ada apa-apanya, besok yang sedang dinanti tapi masih tanda tanya, apakah engkau bisa sampai atau tidak?, serta hari ini yang sedang kau jalani, maka pergunakanlah kesempatan itu sebaik-baiknya.

Jadi, kader HMI sebagai pengerak perubahan sosial tidaklah menyia-nyiakan kesempatan untuk melakukan perubahan ke arah kebaikan. Nasib bangsa da di tangan mahasiswa. Apalagi HMI adalah yang independen, menempatkan dirinya sebagai kader umat Islam, karena HMI adalah merupakan bagian dari umat Islam Indonesia. Sekaligus sebagai kader bangsa Indonesia secara keseluruhan. Hal ini memperlihatkan bahwa sejak kelahiran HMI mengibarkan wawasan kebangsaan di samping wawasan keIslaman dan wawasan kepemudaan dan kemahasiswaan. Dan hal tersebut HMI harus tau bagaimana bersikap, berbuat, dan bertindak dalam semua dimensi kehidupannya sebagai kader umat dan bangsa. Tekad untuk dapat menjadi kader bangsa hanyalah dapat ditunjukkan apabila kita mampu mengorbankan kepentingan kita untuk kepentingan nasional/bangsa yang lebih besar.

Referensi :
Rekayasa Sosial (Jalaluddin Rakhmat)
Mahasiswa sebagai Agen Perubahan Sosial
HMI Diminta Jadi Motor Perubahan

Minggu, 08 Juli 2012

Kerancuan Berpikir dan Mitos

Sebenarnya judul ini saya ambil dari sebuah buku karya Jalaluddin Rakhmat mengenai "Rekayasa Sosial" di Bab I Kerancuan Berpikir dan Mitos. Dan tulisan yang saia buat ini merupakan resume dari bab tersebut. Kenapa resume? Karena saia akan membedah buku tersebut dalam sebuah diskusi kelompok di salah satu organisasi kampus yang saia ikuti :) Jadi harus di buat resumenya dulu. Dan cukup bab 1 aja.. Karena masih ada dua buku lain lagi yang akan di bedah. :)

Well..  :)


Dalam bukunya, bapak Jalaluddin Rakhmat berpendapat bahwa perubahan sosial yang bergerak melalui rekayasa sosial harus dimulai dengan perubahan cara berpikir. Karena acap kali kesalahan-kesalahan berpikir terjadi saat kita merencanakan perubahan sosial. Mustahil ada perubahan ke arah yang benar kalau kesalahan berpikir masih menjebak benak kita.

Menurutnya ada dua macam kesalahan pemikiran, yaitu intellectual cul-de-sac dan mitos. Intellectual cul-de-sac merupakan kebuntuan pemikiran; yang terjadi akibat penggunaan logika yang tidak benar.
Intellectual cul-de-sac ini terbagi atas 7, yaitu:
1. Fallacy of Dramatic Instance
Berawal dari kecenderungan orang untuk melakukan apa yang dikenal dengan over-generalisation. Yaitu, penggunaan satu-dua kasus untuk mendukung argumen yang bersifat general atau umum. Orang cenderung menganggap semua itu sama (generalisasi) dengan satu hal dalam sebuah peristiwa. Contoh: Seorang wanita yang disakiti oleh kekasinya kemudian menganggap bahwa semua lelaki adalah buaya darat . Maka, ia telah terjebak ke dalam Fallacy of Dramatic Instance. Dan kadang-kadang overgeneralisasi terjadi dalam pemikiran kita saat memandang seseorang, sesuatu, atau tempat. Padahal orang itu selalu berubah, sehingga hal yang sama tidak bisa kita terapkan pada orang yang sama terus menerus dan selama-lamanya.

2. Fallacy of Retrospective Determinism
Dalam kesalahan berpikir ini orang berkebiasaan menganggap masalah sosial yang sekarang terjadi sebagai sesuatu yang secara historis memang selalu ada, tidak bisa dihindari, dan merupakan akibat dari sejarah yang cukup panjang. Jadi, tidak perlu adanya perubahan. Dengan kata lain, bersikap pasrah atas suatu masalah yang telah membudaya. Misalnya, kemiskinan merupakan sesuatu yang biasa dan sudah ada sejak dulu. Jadi mereka berpikir untuk apa ada perubahan, toh itu sudah ada dari dulu dan susah untuk dirubah.

3. Pos Hoc Ergo Propter Hock
Istilah ini berasal dari bahasa latin yang berarti sesudah itu-karena itu-oleh sebab itu. Jadi, apabila ada peristiwa yang terjadi dalam urutan temporal, maka kita mengatakan bahwa yang pertama adalah sebab dari yang kedua. Umpamanya, si X datang sesudah si Y. Maka X dianggap sebagai sebab dan Y sebagai akibat. Contoh: Sebuah keluarga kaya pada saat hanya memiliki anak pertama, tetapi semenjak anak kedua mereka lahir malah bangkrut. Dan mereka menganggap bahwa anak kedua ini mengakibatkan mereka bangkrut dan miskin.

4. Fallacy of Misplaced Concretness
Kesalahan berpikir ini muncul karena kita mengkonkretkan sesuatu yang pada hakikatnya abstrak. Dalam istilah logika, kesalahan seperti ini disebut reification. Yaitu, menganggap real sesuatu yang sebetulnya hanya berada dalam pikiran kita. Termasuk ke dalam kesalahan ini adalah ungkapan: " Ini semua sudah takdir Allah." Dengan mengatakan hal tersebut adalah mereifikasi sesuatu yang abstrak. Pembicaraan akan selesai sampai disitu jika kita mengatakan bahwa itu karena takdir Allah. Dan kita terjebak dalam intellectual cul-de-sac yang berarti jalan buntu.

5. Argumentum ad Verecundiam
Berargumen dengan menggunakan otoritas, sedangkan otoritas itu tidak relevan atau ambigu. Ada orang yang menggunakan otoritas untuk membela paham dan kepentingannya sendiri sehingga sering kali orang pertama memaksa lawan bicara untuk diam dan tidak membantah. Padahal pahamnya itu belum tentu relevan dengan masalah atau tema yang sedang dibincangkan.

6. Fallacy of Composition
Kesalahan ini menganggap bahwa terapi yang berhasil untuk setiap orang pasti juga berhasil untu semua orang. Atau dengan kata lain ikut-ikutan. Jika ada seseorang yang berhasil melakukan sesuatu hal, maka yang lain akan mengikuti dan beranggapan mereka juga pasti akan berhasil. Padahal belum tentu mereka mampu dan akan berhasil. Misalnya pada suatu daerah seseorang sukses dengan berternak ayam maka seluruh penduduk mengikutinya dengan berternak ayam juga. Ini tidak seimbang antara permintaan dengan barang.

7. Circular Reasoning
Artinya pemikiran yang berputar-putar; menggunakan konklusi (kesimpulan) untuk mendukung asumsi yang digunakan lagi untuk menuju konklusi semula. Jika dimasukkan ke dalam sebuah perdebatan maka akan terjadi bantah-membantah untuk menuju konklusi semula mereka masing-masing. Sehingga perdebatan itu terus-menerus berputar di sekitar itu.

Sedangkan, mitos adalah sesuatu yang tidak benar, tetapi dipercayai oleh banyak orang. Mitos-mitos sosial yang juga termasuk ke dalam kesalahan pemikiran ini terbagi atas dua, yaitu:
1. Mitos Deviant
Mitos ini berawal dari pandangan bahwa masyarakat itu stabil, statis, dan tidak berubah-ubah. Kalaupun terjadi perubahan, maka perubahan itu adalah penyimpangan dari sesuatu yang stabil dan penyimpangan terhadap hal-hal yang sudah seimbang.

2. Mitos Trauma

Mitos ini mengatakan bahwa perubahan menimbulkan krisis emosional dan stres mental. Ini disebabkkan oleh disintegrasi yang terjadi karena proses perubahan yang tidak seimbang. Sehingga dapat berdampak krisis. Setiap perubahan selalu menimbulkan krisis, yang akan mengundang reaksi para anggota masyarakat sehingga akan mengakibatkan timbulnya masalah-masalah sosial baru. Berarti masalah sosial terjadi karena perubahan sosial. Orang berusaha melakukan mekanisme pertahanan untuk menghadapi trauma perubahan sosial. Ketika masyarakat berubah dengan cepat, jumlah penderita penyakit jiwa bertambah karena mengalami suasana traumatik.



Namun, ada perubahan yang disambut dengan gembira. Banyak perubahan yang tidak menimbulkan trauma, malah diharapkan. Perubahan akan ditolak oleh anggota masyarakat apabila memenuhi beberapa persyaratan. Dan perubahan yang sering menimbulkan stres sosial ternyata adalah perubahan yang terlalu cepat atau terlalu lamban.

Selasa, 03 Juli 2012

Cara Menormalkan Tulisan yang Di Copy Paste

Aduuh.. bingung ni mau buat judul apa yang pas >.< Jadi begini aja lah judulnya yah..

Teman pernah gak saat copy sesuatu dari internet kemudian di paste di Ms.Word, tapi paste-an nya malah berwarna seperti ini atau tulisannya tidak rapi, tidak justify (rata semua), saat di justify malah jelek, atau apalah yang membuat tulisan itu tidak rapi sesuai keinginan kita.

Nah.. saya mau share ni sama teman-teman gimana caranya biar tulisannya ntu rapi.
Pertama, Copas dulu di Ms.Word kemudian blok tulisan tersebut dan klik pada tab Home > Styles > Clear Formatting


Mohon kritik dan sarannya yah..
Silahkan komentar di bawah ^_^


Blogger Template Cantik, Unik, dan Soft di Pandang Mata

Bosan dengan template Anda yang biasa aja? Yang begitu-begitu aja?
Pengen yang cantik menawan? Hehe :P

Teman-teman pernah gak lihat template dari blogger tetangga yang cantik, manis, dan enak dipandang mata seperti template saya ini.. hehehee..  :-P
Nah, temen-temen bisa download di sini nih.. Klik -->  ^_^
atau bisa juga klik pada bagian paling bawah dari blogger saya ini yang bertuliskan Aii say... Copyright © 2008 Free Blogger Template | web hosting

Cara mengaplikasikan pada blog Anda :
  • Setelah teman download link XML file nya.. Kemudian teman buka halaman Design > Template
  • Klik cadangkan/pulihkan
  • Kemudian klik Unduh template lengkap
  • Yang terakhir, klik Choose file button dan Unggah dech XML file nya.. 
Lihat Beranda teman. Apa yang telah terjadi. :P
Semoga berhasil ya..
And have fun ^_^

TIPS PEMENANG SEJATI


Oleh Peter Lim, MBA

Apakah Anda sudah pantas dikategorikan sebagai “a real winner: si pemenang sejati yang “hanya” dikarenakan berhasil meraih harta duniawi atau sukses memiliki kekuasaan yang telah direncanakan atau di cita-citakan?
Rasanya belum karena ”a real winner: si pemenang sejati”, barometernya bukan hanya semata-mata dinilai dari apa yang telah dimiliki atau apa yang telah dicapai.

  • Pemenang sejati adalah  orang yang selalu memiliki harga diri. Keberhasilan dicapai, bukanlah semata-mata dikarenakan “masih/takdir” atau “menjilat” tetapi adalah “murni” didasarkan oleh keprofesionalismean yang diiringi oleh kualitas yang senantiasa meningkat secara berkesinambungan.

          “All succesful people have goals. No one can get anywhere unless he knows where he wants to go and what he wants to do” NORMAN VINCENT PEALE                               
  • Pemenang sejati adalah orang yang emosinya selalu terkontrol dengan baik. Walaupun jenius dan cerdik jika seseorang tidak mampu mengontrol emosinya maka apapun yang diputuskan atau diperbuat, efeknya pasti destruktif.

           “You are the only person on earth who can use your ability”. ZIG ZIGLAR
  • Pemenang sejati adalah orang yang selalu memiliki”image: kesan” yang baik, yang mana semua tutur kata, perbuatan dan pola pikirannya telah ter”filter” sehingga kapan dan dimanapun berada akan selalu memberikan kesan yang baik.

          “A positive attitude may not solve all your problems, but it will annoy enough people to make it worth the effort”. HERM ALBRIGHT
  • Pemenang sejati adalah orang yang selalu sehat rohani dan jasmani. Kedua kondisi (rohani dan jasmani) ini, keberadaannya  haruslah “balance”. Kaya “jasmani “ tetapi tidak diiringi dengan kaya “rohani”maka akan membuat seseorang “selalu” terlena atau lupa diri sehingga perbuatannya akan cenderung destruktif. Begitu juga sebaliknya.
  • Pemenang sejati adalah orang yang selalu berpikiran positif. Dia selalu menggunakan kaca mata putih untuk menilai seseorang, yang mana hasil dari penilaiannya bukan hanya didasarkan oleh faktor luartetapi lebih cenderung ditentukan oleh apa yang dikontribusikan oleh seseorang. 
  •        “The only disability in life is a bad attitude”. SCOTT HAMILTON
  • Pemenag sejati adalah orang yang selalu selain “sanggup” menerima dirinya sebagaimana apa adanya, tetapi juga tidak akan pernah membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain.

          “The best things in life are unexpected because there were no expectations”. ELI KHAMAROV
  • Pemenag sejati adalah orang yang selalu memiliki “self confidence: kepercayaan diri”. Orang lain bisa sukses, dia pun pasti bisa. Hany waktulah yang menentukannya.

           “If you want to increase your success, double up your failure”. THOMAS WATSON
  • Pemenag sejati adalah orang yang selalu melihat ke depan. Yang telah lalu tidak akan dikenang dan yang akan datang selalu dijadikan pedoman.
          “Whenever you fall, pick something up.” OSWALD AVERY
  • Pemenag sejati adalah orang yang selalu fokus pada keberhasilan masa lalu dan melupakan kegagalannya serta selalu evaluasi.

          "All succesful people have goals. No one can get anywhere unless he knows where he wants to go and what he wants to do” NORMAN VINCENT PEALE
  • Pemenang sejati adalah orang yang selalu mampu memaafkan dirinya sendiri.

          Nobody is perfect !
  •  Pemenang sejati adalah orang yang selalu jujur

          Honesty is the best policy.
  • Pemenang sejati adalah orang yang selalu ramah dan rendah hati karena meyakini bahwa semua yang dimiliki, sifatnya hanyalah pinjaman semata-mata.

       “Seseorang yang mengalahkan orang lain adalah seseorang yang kuat, namun seseorang yang mengalahkan  dirinya sendiri adalah orang yang berkuasa”. LAO TZE
  • Pemenang sejati adalah orang yang selalu tahu betul akan potensinya dan hanya dimanfaatkan untuk hal-hal yang sifatnya konstruktif.

          “The human spirit is stronger than anything that can happen to it”. CC SCOTT
  • Pemenang sejati adalah orang yang selalu berpikiran rasional dan bukan dengan perasaan.
          “A happy person is not a person in a certain set of circumstances, but rather a person with a certain set of attitudes”. HUGH DOWNS
  • Pemenang sejati adalah orang yang selalu setia dan cinta keluarga.

          “When you look at your life, the greatest happinesses are family happinesses”.
    JOYCE BROTHERS

Sudahkah Anda memiliki ke 15 point ini?
Jika sudah, selamat Anda adalah salah satu pemenag sejati.  ^_^

Senja di Pelabuhan Kecil


Karya :  Chairil Anwar

Aku memang benar tolol ketika itu,
Mau pula membikin hubungan dengan kau.
Lupa kelasi tiba-tiba bisa sendiri di laut pilu,
Berujuk kembali dengan tujuan biru.

Di tubuhku ada luka sekarang,
Bertambah lebar juga, mengeluar darah,
Di bekas dulu kau cium nafsu dan garang.
Lagu aku pun sangat lemah serta menyerah.

Hidup berlangsung antara buritan dan kemudi.
Pembatasan Cuma tambah menyatukan kenang.
Dan tawa gila pada whisky tercermin tenang.



Dan kau? Apakah kerjamu sembahyang dan memuji.
Atau di antara mereka juga terdampar.
Burung mati pagi hari di sisi sangkar.

Selamat Jalan


Karya :  A.Rachman

Laut mana hendak dituju
Kau tarik jangkar
Lantas laju berlayar
Dikejauhan ikan dan udang terlalu gugu
Mengabar kisah
Terikat erat pada tiang kapal pinisi

Kau tentu ingat
Kita diam-diam memanen rumputan,
Merajut hujan
Bertutur tentang kekasih
Yang lupa asal-usulnya
Berulangkali kita remuk dihantam gelombang
Dalam pulang yang sering kali pasang
Di dada menjelang kematian.

Selamat jalan
Mungkin kau tak akan pernah kembali
Mungkin aku tak kuat berkawan sunyi
Tanggal oleh waktu
Lenyap di seret arus tualang

Kabar dari Laut


Karya :  Chairil Anwar

Ini kali tidak ada yang mencari cinta
Di antara gudang, rumah tua, pada cerita
Tiang serta temali. Kapal, perahu tiada berlaut,
Menghembus diri dalam mempercaya mau berpaut.

Gerimis mempercepat kelam. Ada juga kelepak elang
Menyinggung muram, desir hair lari berenang
Menemu bujuk pangkal akanan. Tidak bergerak
Dan kini, tanah, air tidur, hilang ombak.

Tiada lagi. Aku sendiri. Berjalan
Menyisir semenanjung, masih pengap harap
sekali tiba di ujung dan sekalian selamat jalan
dari pantai keempat, sedu penghabisan bila terdekap.

Senin, 02 Juli 2012

Jurus Cinta Paling Seru

Jurus ini saya dapatkan dari salah satu koran. Lupa namanya.. tahun berapa juga lupa.. Tapi yang pasti saya menerapkan salah satu dari tips ini ke pacar saya setahun yang lalu.. Dan berhasil. Dia sangat senang yeeeey  ^_^ hehe

"Aku cinta kamu" Tiga kata yang simpel dan sarat makna. Hanya diucapkan di mulut saja sudah membuat hati melayang. Apalagi jika diucapkan dengan cara yang tidak biasa,. barbel yang melayang.. #plaaakk hehehee.. becanda :D 
Sobat mau tau cara yang paling seru dalam mengungkapkan rasa cintamu ke dia?
okay silahkan baca ini :)

IKLAN SURAT KABAR
Buat iklan di surat kabar yang sering di baca dan deklarasikan cinta Anda. Ia pasti surprised melihat namanya muncul di iklan surat kabar.
Saya pernah lihat ini di koran. Romantis bangeeut.. :)

ABADIKAN LEWAT BUKU
Bukukan kisah perjalanan cinta Anda berdua. Kirimkan novel tersebut di momen spesial, seperti di Hari Valentine, hari jadian, dan ulang tahunnya.

SERATUS PERMEN CINTA
Nah.. Inilah cara yang berhasil saya lakukan. Belilah sekantung permen dan bungkus setiap permen dengan kertas kecil yang berisi alasan Anda mencintai dia, dari yang serius, romantis hingga lucu. Masukkan permen yang telah terbungkus dalam satu stoples atau wadah lucu. Kalau saya sih pakai permen say.. Permen yang bungkusnya bisa di tulis-tulis itu loh... :)
Berilah label dengan tulisan besar 
100 Alasan Aku Mencintaimu
Dosis: Ambil satu setiap hari selama 100 hari.
Kebetulan pacar saya itu seorang perokok berat. Huuuhghh :-/
Jadi dengan dosis tersebut saya berharap ia bisa mengurangi rokoknya dengan makan permen. Kata orang-orang sih gitu kalo mau ngurangi merokok. Tapi eeeh.. dia nya malah sayang makan permen itu.. malah di simpan nya baik-baik, gak di makan nya.. cuma dikit yang di makan. Kan sebel! :-/

KOLEKSI SMS
Bukukan semua sms atau e-mail cinta yang Anda terima dari si dia. Atau lagi chattingan, inbox-an, comment2an di social network juga bisa.. Kemudian, kirimkan buku tersebut padanya. Cantumkan tanggal dan momen saat SMS atau e-mail itu dikirim.
Saya jamin pasti dia sangat senang, ketawa-ketiwi membaca kenangan kalian tersebut. Karena pasti aada saat di mana kalian sedang berantam atau mesra2an atau lucu2an. Hihi :D Saya juga pernah lakuin ini. Tapi sayangnya berhenti di tengah jalan. Karena ada masalah juga sama dia pada waktu itu jadi gk berkelanjutan.

CINTA DALAM 100 BAHASA
Belajarlah mengatakan "aku cinta kamu" dalam 100 bahasa. Kirimkan kata yang berbeda setiap hari.
Kalau bingung dari mana pula' yah dapetin 100 bahasa itu.. Bahasa Inggris aja gak teles, konon pula' mau bahasa yang laen. Hehehe.. :-P  Nah, Anda bisa dapatkan di Google Terjemahan. Tapi kayaknya gak sampe'lah 100 ya.. hmm.. hehe mungkin Anda bisa dapatkan dari sumber terpercaya lainnya.

Okay.. Semoga sukses.
Selamat mencoba.
And have fun ^_^

Minggu, 01 Juli 2012

Sydney J Harris Quotes

Ketika Anda benar-benar sudah pada saat tak mempunyai waktu untuk santai, maka itulah saat Anda benar-benar membutuhkan waktu untuk santai.

Sydney J Harris (1917-1986), Penulis-Kolumnis AS

Leonardo Da Vinci Quotes

"Waktu akan selalu tersedia bagi mereka yang mau memanfaatkannya."

Leonardo Da Vinci, Pelukis.

Jean Kerr Quotes

"I think success has no rules, but you can learn from failures."

Ethel Barrymore Quotes

You must learn day by day, year by year, to broaden your horizon. The more things you love, the more you are interested in, the more you enjoy, the more you are indignant about, the more you have left when anything happens.
_________________________________________________________________________________
Anda mesti belajar hari demi hari, tahun demi tahun, untuk memperluas cakrawala pemikiran Anda. Semakin banyak hal yang Anda cintai, semakin banyak yang Anda minati, semakin banyak kesenangan yang  Anda nikmati, memampukan Anda menanggapi gangguan-gangguan apapun dengan tenang.

(Ethel Barrymore)

Helen Keller Quotes

People do not like to think. If one thinks, one must reach  conclusions. Conclusions are not always pleasant.
_________________________________________________________________________________
Orang-orang tidak suka berpikir. Jika seseorang berpikir, ia harus tiba pada kesimpulan-kesimpulan. Kesimpulan-kesimpulan tidaklah senantiasa menyenangkan.

Mother Teresa Quotes

smile at each other, smile at you, wife, smile at your husband, smile at your children, smile at each other? It doesn't matter who it is? and that will help you to grow up in greater love for each other.
_________________________________________________________________________________
Tersenyum kepada satu sama lain, senyum kepada istri Anda, senyum kepada suami Anda, senyum kepada anak-anak Anda, senyum kepada sesama. Tidak masalah siapapun, dan itu akan membantu Anda tumbuh dengan kasih yang lebih besar terhadap sesama.

Kahlil Gibran Quotes

Many doctrine is like a window pane. We see truth through it but it divides us from truth.
_________________________________________________________________________________
Banyak doktrin bagaikan sebuah jendela kaca. Kita melihat kebenaran melaluinya akan tetapi ia memisahkan kita dari kebenaran.

Ben Patterson Quotes

Perhaps one reason God delays His answers to our prayers is because He knows we need to be with Him far more than we need the things we ask of Him.
_____________________________________________________________________________________________

Mungkin salah satu alasan Tuhan menunda jawaban-Nyaatas doa-doa kita adalah karena Dia tahu kita jauh lebih butuh bersama dengan-Nya daripada benda-benda yang kita minta dari-Nya.

Kata-kata Bijak Jamal al-Banna


"Ulama terdahulu memang brilian, tetapi mereka bukanlah malaikat yang tidak pernah bersalah. Mereka manusia biasa yang mempunyai keterbatasan, kekeliruan dan kealpaan, utamanya pemikiran mereka tentang fiqih".
 _________________________________________________________________________________

Bilamana fiqih sejalan dengan paradigma "kebangkitan umat, maka umat pun akan bangkit. Bila fiqihnya konservatif, maka umatnya pun akan konservatif".
_________________________________________________________________________________

"Fiqih harus mempunyai landasan yang kuat di dalam Al-Qur'an dan Al-Sunnah, tetapi di sisi  lain harus mampu menjawab masalah kekinian".
_________________________________________________________________________________

"Di dalam tradisi klasik, Imam Najmuddin Al-Thufi merupakan salah satu tokoh yang memberi perhatian terhadap paradigma kemaslahatan , maka kemaslahatan harus didahulukan".
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...