Jumat, 12 Oktober 2012

Perubahan Zona Waktu Indonesia

Berita mengenai perubahan zona waktu di Indonesia dikabarkan akan dimulai pada tanggal 28 Oktober 2012. Perubahan ini menetapkan menjadi satunya waktu di Indonesia yang berarti tidak adanya lagi WIB, WIT, WITA dan diganti menjadi GMT+8, yang semula Indonesia memakai GMT+7. Di WIB akan ditambah satu jam, sedangkan di WIT akan dikurangi 1 jam. Dengan kata lain, sistem zona waktu mengikuti Waktu Indonesia Tengah (WITA). Bayangkan aja.. kita harus bangun lebih cepat 1 jam dan tidur lebih awal 1 jam dari biasanya agar gak kesiangan pergi sekolah atau bekerja. Lalu bagaimana dengan yang muslim? Waktu sholat dipercepat juga donk?


Namun, menurut berita yang dilansir dari Okezone.com Indonesia sudah 9 kali mengubah zona waktu sejak zaman kemerdekaan Indonesia. Hal ini semata-mata karena memperhitungkan sektor pariwisata. Kepala Divisi Humas dan Promosi Komite Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (KP3EI) Edib Muslim mencontohkan Batam yang setiap tahun harus kehilangan potensi Rp 100 miliar dari transaksi hotel karena turis asal Singapura harus pulang lebih awal akibat perbedaan waktu satu jam dengan Batam, Indonesia.


Penyatuan zona waktu ini  memiliki banyak manfaat, yaitu meningkatkan kerja birokrasi mulai dari Sabang sampai Merauke, meningkatkan daya saing bangsa dalam bidang ekonomi, sosial, politik, bahkan ekologi, dan yang terutama adalah sektor ekonomi. Dan melalui GMT+8, masyarakat yang tinggal di kawasan Indonesia timur dan tengah akan memiliki waktu transaksi yang lebih banyak dengan masyarakat yang tinggal di kawasan Indonesia barat.


Namun, informasi yang didapat dari Menteri Koordinasi bidang Perekonomian perubahan zona waktu yang dicanangkan pada tanggal 28 Oktober itu telah ditunda dikarenakan masalah sosialisasi yang belum dilakukan.


Hmm.. kalau begitu.. kita tunggu aja ye.. kapan berubahnya itu waktu.
Lagiaaan.. kenapa pulak yah bisa mengganti waktu sesuka begitu?
Padahal kalau matahari udah berada pas di atas kepala (wow ngeri di atas kepala >.<) itu berarti jam 12.00 kan?
Ada yang mau kasih pencerahan?...



Minggu, 07 Oktober 2012

Si Mata Biru Kepunyaan Indonesia

Ternyata yang bermata biru bukanlah hanya warga Eropa. Ternyata negara kita, Indonesia juga memiliki orang-orang yang bermata biru. Hmm.. ^_^ Betapa benar negara kita ini adalah Bhineka Tunggal Ika. Bermacam-ragam di Indonesia ini.

Masyarakat Lamno adalah mereka si Mata Biru. Mereka berada di pedalaman desa di bawah kaki gunung Geureute Aceh Jaya. Mereka merupakan keturunan Portugis. Tidak ada yang pasti mengenai cerita asal muasal si mata biru ini. Ada yang bilang masyarakat dan Kerajaan Daya menahan tentara Portugis, tetapi ada juga yang bilang menyelamatkan orang-orang Portugis, dan ada juga yang bilang Portugis datang ke Aceh untuk menjajah pada tahun 1519 dan menikah dengan penduduk setempat.. Lalu mereka menikah dengan orang-orang yang berada di sekitar kerajaan Daya. Walaupun mereka adalah keturunan Portugis, tetapi mereka sangat kental dengan agama Islam.
Desa-desa yang menjadi basis keturunan Portugis penduduknya yaitu desa Ujong Muloh, Kuala Daya, Gle Jong, Teumarem dan Lambeso, ini umumnya hampir semua perempuan dan laki-lakinya berciri-ciri khas kulit putih, rambut pirang, dan hidung mancung. Sementara prianya ditambah dengan berbulu di tangan dan bulu dada yang tebal. Namun, tidak semua penduduk lamno memiliki postur tinggi, berhidung mancung, berambut pirang, berkulit putih, dan bermata biru. 


Tetapi alangkah sayangnya, tsunami yang terjadi pada tanggal 26 desember 2004 silam seperti yang dikatakan Vivanews.co.id, "nyaris membuat punah 'si Mata Biru', penduduk Aceh keturunan Portugis. Desa-desa mereka tersapu dahsyatnya gelombang gergasi". Menurut catatan sejarah di pusat dokumen induk Aceh, Marco Polo dalam petualangan pelayaran keliling dunia tahun 1292-1295 pernah singgah di kerajaan Daya dan menulis buku tentang kebesaran Daya berbaur dengan prajurit Portugis di Lamno. Dan pemerintah Portugal sendiri telah menyalurkan bantuan pembangunan fasilitas kesehatan dan pendidikan di kawasan tersebut yang masih tersisa.




Sabtu, 06 Oktober 2012

Cerita Internet Pertama Kali

Dulu.. Zaman-zaman SMP kelas 1 kalau gak salah. Lagi boomingnya iklan internet yang berkata bahwa melalui internet anda bisa melihat isi seluruh dunia.

Saya yang masih anak kecik dan lugu ini.. dulunya berfikir dalam hati..
"Maaaak... matilah aku! acem kalo aku lagi mandi??? Berarti orang-orang diseluruh dunia ngintip aku lah??"

Jadinya mau mandi pun takut-takut :D

Hahahaa... ngingat kisah ini lucu kali. Betapa lugunya aku saat itu.. ^_^


Padahal ya.. maksud kata-kata itu adalah melalui internet kita bisa memperoleh banyak informasi di seluruh jagad raya ini. Tidak hanya itu, kita juga bisa saling berbagi bersama orang-orang yang belum kita kenal. Kan menyenangkan? Tanpa perlu lagi membaca buku berjam-jam. Hanya duduk manis sambil minum teh manis, dalam beberapa menit saja kita bisa memperoleh apapun yang kita mau melalui internet, bahkan berdagang. Dan hal yang tak pernah terpikirkan oleh kita sekalipun ada dalam internet.
Betapa hebatnya pencipta internet ini Bapak  Leonard Kleinrock.



Ini ceritaku apa ceritamu?
:D


FAKTA MENARIK BELALANG


  • Belalang muda bisa terbang hingga 1,6 kilometer dalam sehari. Apabila ia telah mendapatkan sayap secara sempurna, belalang dan kawanannya bisa terbang 50 kilometer dalam sehari sambil menyerang tanaman yang ditemuinya. Mereka terus bermigrasi untuk mendapatkan makanan.
  • Belalang memiliki kaki belakang yang kuat yang bisa dipakai melompat jauh untuk menjauhi musuhnya.
  • Belalang pandai mengeluarkan bunyi-bunyian dengan cara menggesekkan kaki belakangnya menyilang pada sayap depannya yang mengeras. Dan setiap spesies belalang memiliki suara berbeda-beda yang khas.


Lebah


Lebah atau tawon merupakan salah satu serangga yang sering kita jumpai. ia terkenal dengan sengatannya. Sengatan ini digunakan ketika ada musuh yang mengusiknya. meskipun begitu, tidak setiap lebah memiliki sengat. Tawon penyengat bergerigi akan mati setelah menyengat, karena ia tidak akan bisa mencabut kembali sengatnya. Begitu mencoba mencabut sengatnya, abdomennya akan terkoyak.
Lebah bisa ditemukan hampir di seluruh penjuru dunia. Diperkirakan ada lebih dari 22.000 spesies lebah hidup di muka bumi ini. Lebah-lebah ini terdiri dari dua jenis, yaitu lebah yang hidup berkelompok dan lebah yang hidup secara sendiri-sendiri (lebah soliter).
Untuk lebah madu.. Pada masa Mesir Kuno, orang menggunakan madu sebagai salah satu formula dalam proses mumifikasi.

singkat ajalah ya..
lagi males.. ^_^




Fakta Menarik Kalajengking


  • Hewan ini sudah ada sejak 400 juta tahun lalu.
  • Kalajengking hidup dengan memakan jaringan lunak atau cairan mangsanya.
  • Kalajengking tidak bertelur, tetapi melahirkan anak. Telur yang sudah dibuahi disimpan dalam rongga pengeram tubuh. Dan setelah lahir, anak-anak kalajengking akan memanjat punggung induknya.
  • Kalajengking memiliki mata, tetapi ia tidak bisa melihat dengan baik.
  • Racun kalajengking sangat bervariasi, mulai dari yang sekadar menimbulkan nyeri seperti pada Kalajengking Jawa, hingga yang mematikan seperti Kalajengking Mexiko atau Kalajengking Afrika.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...