Jumat, 12 Oktober 2012

Perubahan Zona Waktu Indonesia

Berita mengenai perubahan zona waktu di Indonesia dikabarkan akan dimulai pada tanggal 28 Oktober 2012. Perubahan ini menetapkan menjadi satunya waktu di Indonesia yang berarti tidak adanya lagi WIB, WIT, WITA dan diganti menjadi GMT+8, yang semula Indonesia memakai GMT+7. Di WIB akan ditambah satu jam, sedangkan di WIT akan dikurangi 1 jam. Dengan kata lain, sistem zona waktu mengikuti Waktu Indonesia Tengah (WITA). Bayangkan aja.. kita harus bangun lebih cepat 1 jam dan tidur lebih awal 1 jam dari biasanya agar gak kesiangan pergi sekolah atau bekerja. Lalu bagaimana dengan yang muslim? Waktu sholat dipercepat juga donk?


Namun, menurut berita yang dilansir dari Okezone.com Indonesia sudah 9 kali mengubah zona waktu sejak zaman kemerdekaan Indonesia. Hal ini semata-mata karena memperhitungkan sektor pariwisata. Kepala Divisi Humas dan Promosi Komite Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (KP3EI) Edib Muslim mencontohkan Batam yang setiap tahun harus kehilangan potensi Rp 100 miliar dari transaksi hotel karena turis asal Singapura harus pulang lebih awal akibat perbedaan waktu satu jam dengan Batam, Indonesia.


Penyatuan zona waktu ini  memiliki banyak manfaat, yaitu meningkatkan kerja birokrasi mulai dari Sabang sampai Merauke, meningkatkan daya saing bangsa dalam bidang ekonomi, sosial, politik, bahkan ekologi, dan yang terutama adalah sektor ekonomi. Dan melalui GMT+8, masyarakat yang tinggal di kawasan Indonesia timur dan tengah akan memiliki waktu transaksi yang lebih banyak dengan masyarakat yang tinggal di kawasan Indonesia barat.


Namun, informasi yang didapat dari Menteri Koordinasi bidang Perekonomian perubahan zona waktu yang dicanangkan pada tanggal 28 Oktober itu telah ditunda dikarenakan masalah sosialisasi yang belum dilakukan.


Hmm.. kalau begitu.. kita tunggu aja ye.. kapan berubahnya itu waktu.
Lagiaaan.. kenapa pulak yah bisa mengganti waktu sesuka begitu?
Padahal kalau matahari udah berada pas di atas kepala (wow ngeri di atas kepala >.<) itu berarti jam 12.00 kan?
Ada yang mau kasih pencerahan?...



7 komentar:

kaze kate mengatakan...

selamat pagi kakak jelek :3

aini mengatakan...

kiaaaa...
si kaze.
met pgi jugak ... :)

Unknown mengatakan...

kaze kate mengucapkan :



Selamat Hari Raya idul Adha 1433 H



"Taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum.



“Smga Allah menerima amal2 kami & kamu, puasa kami dan kamu.



Maaf klo ada salah2 kata yaa..!



*smile :)

aini mengatakan...

iya aku jg ya..
slmt hari raya idul adha.. :)

kaze kate mengatakan...

kapan nih update laginya?

Anonim mengatakan...

ini kenapa kagak ada updatean ya gan/sis?

Unknown mengatakan...

emm.. lagi sibuk bgt nih sama kuliah. Lgi akhir smestr dan kegiatan organisasi jg.
jdi lg gk kpikiran ksini.. -,-
gk smpat..

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...